Detail Potensi Desa

Pesona Wisata Pemancingan Kebon Watu desa Sambigede Kecamatan Sumberpucung

Pemancingan Kebon Watu atau biasa disebut Bon Watu ini merupakan salah satu potensi wisata yang ada di Desa Sambigede, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang yang memiliki nuansa pemandangan yang indah dan asri. Alasan wisata ini dinamakan Kebon Watu yaitu terdapat banyak batu di area pemancingan. Awal mulanya, Bon Watu merupakan tempat pemancingan biasa, namun tempat pemancingan ini dijadikan sebagai tempat wisata di Desa Sambigede sejak tahun 2010.

Foto icon wisata pemancingan Kebon Watu

Pada pemancingan Bon Watu terdapat banyak tempat pemancingan yang disediakan dan ada pula liaran. Tempat pemancingan tersebut adalah milik warga desa setempat. Terdapat 3  model tempat pemancingan yang ada di Kebon Watu, yaitu Seketan, Penyewaan Lapak dan Liaran. Tempat pemancingan  yang dapat dipancing merupakan seketan yang terisi dengan ikan siap panen. Usia ikan pada tempat pemancingan seketan yang dapat dipancing yaitu sekitar 4 sampai 6 bulan setelah tabur bibit. Tabur bibit biasanya dilakukan pada bulan awal di setiap tahunnya.

Ada berbagai jenis ikan yang dapat dipancing di wisata pemancingan Kebon Watu. Mulai dari Ikan nila, tombro, bandeng, betutu dan lain-lain. Biaya pemancingan bagi wisatawan tergantung dari ikan yang didapatkan ketika memancing. Biaya tersebut dipatok berbeda sesuai ketentuan pemilik tempat pemancingan seketan dengan harga sekitar Rp.25.000,- hingga Rp. 30.000,- per kilogram. Pada salah satu tempat pemancingan seketan 1 kg ikan dibandrol dengan harga Rp. 30.000,- untuk semua jenis ikan yang didapatkan.

Foto pemandangan wisata pemancingan Kebon Watu

Fasilitas yang tersedia di Wisata Pemancingan Kebon Watu ini tersedia warung kopi, toilet, parkiran 24 jam,penerangan jalan, dan gazebo untuk tempat menikmati pemandangan indah Bon Watu . Selain itu jalan untuk menuju wisata bon watu ini juga sudah beraspal dan paving dan dapat ditempuh sekitar 2km dari gapura masuk wisata pemancingan bon watu.

Jika kalian ingin memancing di wisata pemancingan Bon Watu, pastikan kalian membawa alat pancing dan umpan sendiri yaa. Karena di tempat wisata pemancingan ini tidak tersedia persewaan alat untuk memancing maupun umpannya. Bagi kalian yang ingin memancing di tempat wisata ini, lebih baik memancing dari pinggir lapak yaaa untuk menghindari kerusakan jaring dan tentunya lebih aman.

Potensi Desa Terkait