Detail Berita

Pelatihan Pengembangan Produk Olahan Berbasis Perikanan Sebagai Penunjang Pariwisata Di Desa Sambigede

Desa Sambigede diramaikan lagi dengan kegiatan pelatihan dari tim pengabdian masyarakat Universitas Negeri Malang dan berkolaborasi dengan Mahasiswa Universitas Negeri Malang yang sedang melaksanakan KKN di desa. Kegiatan Pelatihan yang diselenggarakan merupakan Pelatihan Produk Olahan Berbasis Perikanan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengamalkan tridarma perguruan tinggi yang salah satunya adalah melaksanakan pengabdian masyarakat. Pengabdian masyarakat yang dilaksanakan merupakan upaya transfer ilmu dari perguruan tinggi dimasyarakat dalam bidang tata boga.

Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Malang memilih desa sambigede  dikarenakan desa membutuhkan sentuhan teknologi pengolahan ikan untuk menunjang pariwisata yang dikembangkan di desa sambigede yakni wisata pemancingan bon watu yang kaya akan ikan dan pemandangan menarik. Karena tema yang biasa diangkat pada pelatihan umumnya adalah pelatihan pembuatan sosis atau bakso. Sehingga tim pengabdian masyarakat mengadakan pelatihan pembuatan produk yang masih jarang disosialisasikan ke masyarakat akan tetapi berpotensi besar meningkatkan ekonomi masyarakat, khususnya desa sambigede. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan nilai ekonomi masyarakat desa sambigede.

Kegiatan ini memberikan pengetahuan melalui beberapa pemateri yang menyampaikan dan membimbing langsung ditempat pelatihan, materi yang disampaikan diantaranya CPMB Pengolahan Ikan, Pembuatan Dendeng Ikan, Pembuatan Krupuk Kulit Ikan, Krupuk Duri Ikan,dan Juga Samiler Rasa Ikan. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari yakni pada hari sabtu 27 Maret sampai minggu 28 maret 2021.

Dalam Kegiatan ini peserta dari Ibu-ibu PKK dan Karangtaruna sangat antusias hadir dan mengikuti kegiatan dengan maksimal, peserta sangat koperatif dan bersemangat, hal tersebut dilandasi karena materi yang dirasa menarik dan penyampaian yang jelas, jika materi menarik otomatis peserta akan datang lagi dalam kegiatan. Kemudian untuk melihat hasil kepuasan masyarakat pada kegiatan ini  dilakukan penyebaran angket kepada peserta, dan peserta merasa sangat sesuai dengan kebutuhan dan usaha pengembangan desa. Setelah kegiatan ini masyarakat desa sambigede mendapatkan peluang tinggi untuk mengembangkan usahanya dalam pengolahan perikanan di desa sambigede.

Berita Lain