Detail Berita

Pembukaan KKN Tematik di desa Sambigede, Kec. Sumberpucung 2021

KKN Tematik 2021 Universitas Negeri Malang

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan dari Universitas Negeri Malang yang melatih mahasiswa untuk berperan aktif dalam kehidupan masyarakat dengan memberikan pelatihan melalui pengetahuan dan pengalaman yang di dapatkan dengan tujuan melakukan perubahan terhadap masyarakat dan menjadikan masyarakat mandiri dalam mengolah dan mengatur daerahnya. Dengan kata lain, Kuliah Kerja Nyata sebagai bagian dari proses pendidikan yang bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dapat melakukan atau melaksanakan peranannya di masa mendatang.

Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa di tuntut untuk mampu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), antara lain dengan meningkatkan intelektualitas, keterampilan (skill) dan pengabdian mahasiswa melalui disiplin ilmu sebagai implementasi terhadap ilmu pengetahuan yang di terima di bangku kuliah agar mahasiswa dapat menjawab tantangan zaman yang semakin pesat. Sebagai  mahasiswa yang ingin ikut andil dalam pembangunan bangsa dan negara, mahasiswa dari Universitas Negeri Malang Jurusan Teknik Elektro prodi Pendidikan Teknik Elektro berkontribusi melalui kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Tematik yang diselenggarakan di Desa Sambigede Kec. Sumberpucung, Kab. Malang.

KKN tematik adalah program KKN nonfisik yang dirancang berdasarkan tema-tema yang secara akademis relevan dengan bidang keahlian mahasiswa. Dalam pelaksanaan program tersebut, peserta KKN diarahkan dan ditempatkan di lokasi KKN dengan tema tertentu sesuai dengan bidang keahliannya.Tema yang diangkat pada KKN Tematik di desa Sambigede ini adalah ”Meningkatkan Pembangunan Desa dengan Pemanfaatan Teknologi dan Informasi di Masa Pandemi untuk Membangun dan Menciptakan Desa Wisata yang Mandiri”.

Pembukaan KKN Tematik ini di hadiri oleh seluruh jajaran perangkat desa dan ketua RT yang bersangkutan yang kemudian dibuka dengan penandatanganan kontrak antara desa sambigede dan Universitas Negeri Malang oleh kepala desa dan dosen pembimbing lapangan KKN Tematik 2021 dan akan dilaksanakan mulai tanggal 16 Februari sampai 06 april 2021.

Foto saat acara pembukaan berlangsung

Foto penandatanganan kontrak KKN Tematik

Dalam kegiatan KKN Tematik ini ada beberapa program yang akan dilaksanakan sebagai berikut :

Program Kerja Karya Pengabdian

1. Pembangunan Penerangan Jalan Umum (PJU) desa otomatis berbasis sensor cahaya untuk penerangan desa.

Pembangunan PJU digunakan untuk sumber penerangan yang belum memadai pada jalan yang ada di Desa Sambigede, Kec. Sumberpucung, Kab. Malang untuk mengaplikasikan teknologi yang sudah berkembang ke masyarakat.

2.  Pemasangan hiasan tulisan back light di gapura desa

Pemasangan hiasan back light pada gapura pintu masuk desa yang digunakan sebagai informasi terkait identitas profil desa.

3. Pembuatan short movie profil wisata pemancingan Bon Watu

Pembuatan video profil untuk memberikan gambaran singkat kepada masyarakat luas mengenai berbagai informasi tentang wisata pemancingan Bon Watu di desa sambigede dan beberapa kesenian budaya yang ada disana.

4. Pengembangan dan pengelolaan website desa

Mengembangkan website sebagai sarana informasi mengenai desa Sambigede yang dapat diakses oleh khalayak umum.

5. Pembuatan petunjuk arah ke wisata pemancingan Bon Watu.

Membuat petunjuk arah ke arah pemancingan Bon Watu bertujuan mengembangkan fasilitas yang ada di pemancingan Bon Watu agar memudahkan  wisatawan untuk menuju wisata pemancingan Bon Watu.

Program Kerja Layanan Masyarakat

1. Edukasi peningkatan ekonomi desa melalui branding dan marketing online pada UMKM.

Kegiatan ini mengedukasi warga pembuatan brand pada produk usaha UMKM setempat dan membantu promosi produk melalui marketing online.

2.  Sosialisasi hemat energi terbarukan dan instalasi penyambungan untuk masyarakat desa.

Tujuan utama kegiatan ini untuk memberikan sosialasisasi terkait hemat energi terbarukan dan instalasi penyambungan kepada warga desa untuk memberikan pengetahuan bagi masyarakat desa.

3. Edukasi energi terbarukan dengan Tenaga Surya pada Penerangan Jalan Umum yang di desa.

Melakukan edukasi kepada warga terkait solusi penerangan yang jauh dari jangkauan PLN dengan menggunakan energi terbarukan tenga surya pada jalan desa.

4. Pembuatan posko elektrik untuk warga desa.

Kegiatan ini mengadakan Posko Elektrik yang berpusat di balai desa sambigede untuk membantu permasalahan warga desa yang berhubungan dengan kelistrikan dan reparasi alat elektronik.

5. Edukasi ecoprint pada warga desa.

Tujuan utama kegiatan ini untuk mengedukasi ecoprint untuk memberdayakan masyarakat dalam memanfaatkan barang – barang disekitar yang kreatif dan inovatif.

Struktural Pelaksana KKN Tematik 2021

Berita Terkait