Detail Berita

Branding Desa Sambigede, Mahasiswa KKN UM Melaksanakan Pelatihan Kerajinan Kain Flanel

Malang- Mahasiswa mempunyai pengaruh penting dalam kehidupan sehari-hari, banyak orang yang mengatakan bahwa mahasiswa adalah agen perubahan mulai dari hal yang sederhana sampai sesuatu dengan skala kompleks. Tidak terlepas juga mahasiswa KKN dari Universiatas Negeri Malang yang mendapatkan misi untuk membranding desa KKN. Di sinilah diperlukannya peran mahasiwa untuk menyalurkan ide-ide kreatif yang dapat bermanfaat bagi warga desa.
Walaupun masih berada dalam situasi pandemi covid-19, tidak menjadi sebuah alasan kegiatan pelatihan kerajinan kain flanel tidak dapat terlaksana. Dengan menghadirkan karang taruna Desa Sambigede sebagai peserta pelatihan kerajinan, kegiatan dapat berjalan dengan lancar. Tentunya kegiatan tersebut dilakukan dengan meminimalisir adanya kerumunan yang terlalu berlebihan.
Materi pelatihan yang diberikan adalah materi tentang pembuatan kerajinan kain flanel dengn bentuk ikan mujair sebagai gantungan kunci. Sebanyak 10 package, dengan isi kain flannel 6 warna , mata boneka , gantungan kunci , lem batang/lem tembak dan kemasan produk sudah disediakan oleh mahasiswa KKN dan dibagikan secara gratis kepada peserta pelatihan. 
 
Sebelum pembuatan gantungan kunci dimulai, mahasiswa KKN menyampaikan sedikit materi tentang branding desa khususnya arti dari gantungan kunci yang akan dibuat. “Gantungan kunci yang akan kita buat memiliki bentuk ikan, lebih tepatnya ikan mujair. Alasan utama kami membuat pelatihan gantungan kunci berbentuk ikan adalah sebagai upaya branding Desa Sambigede. Karena kita kenal di Desa Sambigede terdapat wisata pemancingan Bon Watu dengan hasil tangkapan utamanya adalah ikan mujair,” kata Elmi sebagai pemateri pelatihan kerajinan.(25/10/2020)
Selain itu mahasiswa KKN dari Universitas Negeri Malang juga menyampaikan tata cara pemasaran gantungan kunci yang sudah dibuat. Dengan kiat-kiat pemasaran menggunakan cara bauran pemasaran(7P). Tentunya hal tersebut sangat diterima baik dan antusias oleh pemudi karang karuna Desa Sambigede sebagai peserta pelatihan kerajinan. Pelatihan kerajinan dilakukan di Balai Desa Sambigede mulai pukul 10.30 WIB sampai 12.30 WIB. Diakhir pelatihan kerajinan kain flanel, peserta dengan hasil kerajinan gantungan kunci tiga terbaik mendapatkan hadiah dari mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang.
 
Kegiatan pelatihan kerajinan kain flannel ini merupakan bentuk nyata mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang dalam membantu branding Desa Sambigede untuk dikenal lebih luas oleh masyarakat dan diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi warga Desa Sambigede dalam pelaksanaan industri usaha kecil dan kerajinan rumah tangga khususnya untuk memperkenalkan wisata pemancingan Bon Watu.
 

Berita Terkait