Detail Berita

Lampu Tenaga Surya Mahasiswa KKN UM Terangi Wisata Pemancingan Bon Watu Desa Sambigede

 

Malang -  KKN Universitas Negeri Malang pada semester gasal tahun pelajaran 2020/2021 kali ini menerapkan tema “ Dari rumah, mahasiswa mengabdi, mendukung produk unggulan desa mitra” . Hal tersebut tentunya tidak menyurutkan minat mahasiswa walaupun dalam kondisi pandemi yang mengharuskan menjaga jarak aman dan bekerja secara Work From Home(WFH). Oleh karena itu, mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang sangat antusias dalam melaksanakan KKN pada kali ini. Warga Desa Sambigede menyambut baik mahasiswa KKN dari Universitas Negeri Malang.

“Saya sangat berterima kasih kepada mahasiswa KKN dari Universitas Negeri Malang yang sudah mau mengabdi di Desa Sambigede. Semoga kedepannya kerja sama Desa Sambigede dan Universitas Negeri Malang semakin baik,” ujar Samudji, selaku kepala Desa Sambigede, Minggu(25/10/2020).

Dari berbagai program kerja yang telah direncanakan oleh mahasiswa KKN UM di Desa Sambigede salah satu program kerja yang utama adalah pemasangan lampu tenaga surya di wisata pemancingan Bon Watu di Desa Sambigede. “Temanya adalah mendukung produk unggulan desa, dan kami mahasiswa KKN mempunyai tugas untuk mem-branding Wisata Pemancingan Bon Watu. Karena penerangan di wisata Bon Watu minim, akhirnya pemasangan lampu tenaga surya menjadi salah satu program kerja kami,” ungkap Dean, Koordinator Desa KKN saat di wawancara.

 

Pemasangan lampu tenaga surya sebanyak 3 buah dilakukan pada hari Minggu, 25 Oktober 2020 bekerja sama dengan pemuda karang taruna dan melakukan batasan jumlah orang. Hal tersebut dilakukan mengingat kegiatan KKN dilaksanakan pada situasi pandemic covid-19, sehingga harus mematuhi protokol kesehatan dengan menghindari kerumunan yang berlebihan. Lampu tenaga surya dipasang dibeberapa titik yang sekiranya dilewati warga dan kurang pencahayaan. Dibantu alat pinjaman dari karang taruna Desa Sambigede, pemasangan lampu tenaga surya dapat dirampungkan kurang lebih dalam waktu 3 jam.

Selain pemasangan lampu tenaga surya mahasiswa KKN juga melakukan pemasangan tong sampah di wisata pemancingan Bon Watu. Alasan utama dalam pemasangan tong sampah ini adalah tidak adanya tong sampah di tempat pemancingan Bon Watu. Dengan adanya kegiatan pemasangan lampu dan juga tong sampah di wisata pemancingan Bon Watu diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Sambigede atau pengunjung dalam melaksanakan aktivitas di wisata pemancingan Bon Watu.

Berita Terkait