Detail Berita

Penutupan KKN Tematik Universitas Negeri Malang

Program KKN(Kuliah Kerja Nyata) Tematik Universitas Negeri Malang 2021 resmi ditutup. KKN Tematik yang dilaksanakan oleh mahasiswa Teknik Elektro Universitas Negeri Malang dan dibimbing oleh dr. yuni rahmawati st.mt telah terlaksana selama 45 hari terhitung dari tanggal 16 februari sampai 6 april 2021. Dalam acara penutupan ini dihadiri oleh mahasiswa KKN, dosen pembimbing ,perangkat desa, dan ketua RT RW desa sambigede.

Program –program yang direncanakan oleh Mahasiswa KKN Tematik dapat melaksanakan dengan baik.  “Mahasiswa KKN Tematik Universitas Negeri Malang sukses dalam melaksanakan KKNnya di desa sambigede, dan banyak membantu mengembangkan wisata dan masyarakat desa sambigede” Kata bapak samudji selaku kepala desa sambigede saat sambutan acara penutupan KKN.

Program –program yang telah terlaksana dapat dilihat dalam dokumentasi dibawah ini

1. Mengadakan Posko elektrik untuk desa sambigede

Pelaksanaan program posko elektrik ini cukup menarik perhatian masyarakat desa untuk berdatangan membawa alat elektronik yang dapat diservis oleh mahasiswa KKN. Elektronik yang diservis antara lain setrika, magicom, kipas, blender, dispenser, dan mixer.

Artikel selengkapnya dapat dilihat pada postingan Posko Elektrik Dibuka, Warga Berdatangan Ke Balaidesa Sambigede

2. Sosialisasi Hemat Energi dan K3 di desa sambigede

Program sosialisasi hemat energi dan K3 dilaksanakan di RW 6 , RW 7, dan RW 9 desa sambigede. Pelaksanaannya mahasiswa KKN mendatangi rumah ketua RW dengan kesepakatan waktu yang dijadwalkan dan warga RW yang dijadwalkan berkumpul dirumah ketua RW. Pelaksanaan sosialisasi hemat energi dan K3 ini dilakukan selama 3 hari. Masyarakat sangat antusias memperhatikan dan mengikuti sosialisasi dari mahasiswa KKN Tematik Universitas Negeri Malang.

Artikel selengkapnya dapat dilihat pada postingan Mahasiswa Teknik Elektro Beraksi, Sosialisasi Hemat Energi Di Desa Sambigede

3. Pemasangan Petunjuk arah wisata pemancingan bon watu

Program pemasangan petunjuk arah wisata pemancingan bon watu dapat terlaksana dengan baik. Pemasangan petunjuk arah ini di letakkan pada 2 titik yang direkomendasikan olen BUMDES, yakni titik pertama  pada belokan masuk dari Jalan Raya Ngebruk menuju ke Jalan Kuncoro. Lokasi titik kedua petunjuk arah wisata berjarak kurang lebih 2,4 kilometer dari lokasi wisata, yaitu terletak di perempatan Jalan RA Kartini.

Artikel selengkapnya dapat dilihat pada postingan Pemasangan Petunjuk Arah Wisata Pemancingan Bon Watu Oleh Mahasiswa Kkn Universitas Negeri Malang

4. Pelatihan Ecoprint untuk masyarakat desa sambigede

Pelatihan Ecoprint yang dilaksanakan di desa sambigede dapat terlaksana dengan baik. Peserta yang ikut serta dalam pelatihan ini adalah ibu –Ibu PKK desa sambigede. Peserta pelatihan terlihat sangat aktif untuk membat karyanya masing-masing. Kegiatan pelatihan ecoprint ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya warga Desa Sambigede terhadap produk yang ramah lingkungan. Selain itu, diharapkan juga agar ecoprint ini dapat dimanfaatkan menjadi peluang usaha kerajinan seperti masker, baju, celana, jilbab dan tas bagi pelaku UMKM di Desa Sambigede.

Artikel selengkapnya dapat dilihat pada postingan Tim Kkn Universitas Negeri Malang Dalam Kegiatan Workshop Ecoprin Bersama Ibu-Ibu Pkk Sambigede

5. Pemasangan Lampu Hias di gapura masuk wisata pemancingan bon watu

Gapura wisata pemancingan bon watu terletak disekitar persawahan yang masih belum banyak perumahan warga di sana sehingga penerangan nya masih kurang. Dengan adanya lampu hias pada gapura pemancingan wisata bon watu ini diharapkan dapat menarik wisatawan luar daerah untuk berkunjung ke wisata yang ada di Desa Sambigede. Selain itu, lampu hias pada gapura dapat membantu penerangan jalan warga desa di sekitar gapura tersebut. 

Artikel selengkapnya dapat dilihat pada postingan Lampu Hias Di Gapura Masuk Wisata Pemancingan Bon Watu Menambah Daya Tarik Wisatawan

6. Seminar Peningkatan Ekonomi Desa Melalui Pemasaran Online Bagi Umkm Desa Sambigede

Kegiatan Seminar Ini diikuti oleh Bapak Ibu Pelaku UMKM Desa Sambigede yang sangat antusias dan semangat mengikuti kegiatan seminar dengan maksimal. Tujuan diadakan kegiatan seminar ini adalah memberikan edukasi terkait dengan market place dan sosial media.Dengan adanya kegiatan ini para pengusaha UMKM Desa Sambigede diharapkan mampu memasarkan produk secara online sehingga tidak perlu membutuhkan banyak tenaga dan waktu untuk memasarkan produk tersebut.

Artikel selengkapnya dapat dilihat pada postingan Kegiatan Seminar Peningkatan Ekonomi Desa Melalui Pemasaran Online Bagi Umkm Desa Sambigede

7. Pembuatan Film Dokumenter desa sambigede

Video dokumenter ini daoat diakses di channel youtube KKN UM Sambigede pada link berikut ini : Klik Disini

8. Pengelolahan Website desa sambigede

Pengolahan website resmi desa sambigede ini bertujuan untuk mengaktifkan website desa yang diberikan oleh kominfo melalui pemerintahan kabupaten, dalam pelaksanaan program ini mahasiswa KKN mempublikasi 15 artikel tentang kegiatan yang dilaksanakan didesa sambigede, dan potensi wisata  atau potensi usaha, serta produk unggulan yang ada di desa sambigede.

9. Perbaikan PJUTS di area wisata pemancingan bon watu

PJUTS ( Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya) di tempat wisata pemancingan bon watu merupakan hasil dari KKN dari Universitas Negeri Malang pada periode sebelum KKN Tematik UM 2021. Dari survey yang telah dilaksanakan, ditemukan ada 1 PJUTS yang rusak dan butuh perbaikan. Mahasiswa KKN Tematik melaksanakan program kerja perbaikan PJUTS di wisata pemancingan bon watu.

Dari program – program yang terlaksana tersebut, semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat desa  sambigede khususnya ,dan masyarakat luar desa sambigede. Sekian, salam dari kami Mahasiswa KKN Tematik Universitas Negeri Malang 2021 terimakasih banyak, dan terimakasih

Berita Terkait