Detail Berita

Kegiatan Seminar Peningkatan Ekonomi Desa Melalui Pemasaran Online Bagi UMKM Desa Sambigede

Kegiatan Seminar diselenggarakan di balaidesa Sambigede. Seminar yang dilaksanakan pada hari kamis. 18 januari 2021 ini bertemakan Pemasaran Online sebagai Usaha untuk meningkatkan Perekonomian Desa Sambigede. Seminar ini adalah salah satu program kerja dari Mahasiswa KKN Tematik tahun 2021 Universitas Negeri Malang dari jurusan teknik elektro.

Dalam penyelenggaraan seminar ini, Mahasiswa KKN juga berkolaborasi dengan Tim pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Malang. Desa Sambigede menjadi tempat pilihan diadakannya seminar ini dikarenakan desa membutuhkan edukasi dalam memasarkan produk makanan khas dengan menggunakan media sosial yang biasa digunakan oleh masyarakat umum. Salah satu produk makanan tersebut adalah Rengginang. Hampir 70% warga Desa Sambigede merupakan produsen rengginang. Sehingga tim pengabdian masayarakat mengadakan seminar untuk memasarkan produk olahan khas Desa Sambigede untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Pada seminar ini ada beberapa pemateri yang menyampaikan dan membimbing pada saat seminar, materi pertama disampaikan oleh Bapak Dany Ajar Baskoro, M.Pd yakni Market Place dan Sosial Media, Materi Kedua disampaikan oleh Bapak Dadang Firmansyah yakni Pengembangan Pariwisata Dunia dan Canva, dan materi ketiga disampaikan oleh Bapak Andro Agil Nur Rakhmad, S.E.I.,M.E dengan judul Perdagangan Elektronik dan Bagaimana Mendesain Produk.

Peserta pada kegiatan Semiar ini adalah Bapak Ibu Pelaku UMKM Desa Sambigede yang sangat antusias dan semangat mengikuti kegiatan seminar dengan maksimal. Tujuan diadakan kegiatan seminar ini adalah memberikan edukasi terkait dengan market place dan sosial media. Dengan adanya kegiatan ini para pengusaha UMKM Desa Sambigede diharapkan mampu memasarkan produk secara online sehingga tidak perlu membutuhkan banyak tenaga dan waktu untuk memasarkan produk tersebut.

Materi bisa didownload dibawah ini
1. Market Place dan Sosial Media oleh Bapak Dany Ajar Baskoro, M.Pd
2. Pengembangan Pariwisata Dunia dan Canva oleh Bapak Dadang Firmansyah
3. Perdagangan Elektronik dan Bagaimana Mendesain Produk oleh Bapak Andro Agil Nur Rakhmad, S.E.I.,M.E

Berita Terkait