Detail Berita

Pelantikan Perangkat Desa Sambigede 2021

Pemerintah Desa Sambigede Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang, pada 9 Maret 2021 melaksanakan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan perangkat desa baru terpilih. Salah satu peserta terpilih yang lolos tes seleksi dalam ujian penyaringan yaitu bernama mbak Reza. Mbak Reza menjadi salah satu perangkat desa yang menggantikan pak Prapto sebagai bendahara desa yang saat ini sedang sakit. Kondisi pak Prapto yang saat ini sedang sakit menjadi alasan untuk dilakukan nya mutasi jabatan karena sebagai bendahara desa yang bertugas mengurusi keuangan tidak dapat diwakilkan dan hanya dapat diwakilkan maksimal tiga kali dengan menggunakan surat kuasa.

Mutasi jabatan dilakukan pada bendahara desa yang awalnya dijabat oleh Pak Prapto kini digantikan oleh Mbak Reza. Posisi pak Prapto kini bergeser menjadi kepala urusan tata usaha. Surat keputusan tersebut sudah keluar pada bulan April 2021 dan baru disahkan kemarin pada saat pelantikan. Selain pelantikan juga dilakukan pengambilan sumpah pada kepala urusan keuangan dan kepala tata usaha dan umum. Berdasarkan peraturan Standar Operasional Prosedur (SOP) administrasi pemerintahan tahun 2016-2018 bahwa perangkat desa akan bertugas menduduki masa jabatan sampai usia 60 tahun.

Acara pelantikan diadakan untuk mengesahkan calon terpilih dan perangkat desa yang belum dilantik dan diambil sumpahnya. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan setelah ujian penyaringan, yang dilakukan dalam beberapa hari. Terdapat 11 (sebelas) orang pendaftar namun terpilih 7 (tujuh) orang yang lolos administrasi. 7 (tujuh) orang tersebut kemudian mengikuti tes penjaringan dan terpilih satu calon untuk menempati posisi jabatan sebagai perangkat desa.  

Berdasarkan peraturan undang-undang tentang seleksi pelantikan perangkat desa bahwa panitia dibagi menjadi 2 (dua) tugas yaitu sebagai panitia penjaringan dan panitia seleksi. Panitia penjaringan bertugas untuk menyeleksi bagian administrasi. Panitia seleksi bertugas pada bagian tes seleksi yang terdiri dari tes tulis, tes IT, tes pidato, tes wawancara, dan tes samapta. Tes tulis berkaitan dengan pemahaman mengenai pemerintahan desa. Tes samapta yaitu berkaitan dengan kesiapan fisik yang dilakukan dengan pelatihan baris-berbaris. Seleksi penjaringan dilakukan selama 7 (tujuh) hari di bulan februari.

Harapan kepala desa Sambigede dengan terpilih nya perangkat desa Sambigede yang baru dapat membantu mewujudkan visi dan misi desa Sambigede serta menjadikan desa Sambigede menjadi desa yang lebih maju dan lebih baik dari sebelumnya.

Berita Terkait