Detail Berita

Posyandu Desa Sambigede sebagai upaya dalam memelihara kesehatan masyarakat

Posyandu merupakan kegiatan pemeliharaan kesehatan yang dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibimbing petugas terkait. Posyandu di desa sambigede diselenggarakan setiap 1 bulan sekali yang dimulai pada awal bulan. Pelaksanaan posyandu di Desa Sambigede biasa dimulai pada hari senin. Hari pelaksanaan posyandu disamakan agar tidak berulangkali dalam mengumpulkan orang.

Menurut informasi dari Ibu Lilik Nistiani (Ketua Proja 4 Desa Sambigede) terdapat dua macam posyandu yang dilaksanakan di desa yakni posyandu normal dan posyandu PDGJ. Posyandu PDGJ dilakukan door to door, akan tetapi sejak adanya pandemi ini pelaksanaan posyandu PDGJ ditiadakan sementara. Selain posyandu PDGJ, pelaksanaan posyandu untuk kalangan TK dan Paud juga belum bisa berjalan sempurna karena tidak ada pertemuan disekolah dampak dari pandemi ini.

Posyandu normal Desa Sambigede terbagi menjadi beberapa tahapan dan diselenggarakan pada beberapa pos. Diantarayanya yaitu pos balita yang berjumlah 6, pos lansia sebanyak 4 pos, dan  pos dundu yang berada di balai desa Sambigede.

Pos dundu terdiri dari beberapa kegiatan yaitu kegiatan penimbangan, pengukuran, cek gula darah, dan cek asam urat. Pos dundu ini diikuti oleh warga desa sambigede mulai usia 12 tahun sampai dengan lansia. Untuk posyandu lansia, dimulai umur 40 tahun dan seterusnya. Sedangkan posyandu balita diikuti mulai ibu hamil hingga bayi berumur 5 tahuan. Posyandu balita terletak di  RT 2, RT 8, dan RT 12 yang merupakan taman pos.

Dengan adanya posyandu, warga desa Sambigede berantusias mengikuti kegiatan ini, dimulai awal hamil hingga melahirkan mengikuti arahan dari polindes yang pada suatu saat juga diimbau untuk tes PPDA di polindes. Untuk memudahkan penyebaran informasi kepada masyarakat terkait posyandu, dibuatkan grup WA oleh polindes. Dari polindes sudah posyandu telah terjadwal dengan baik, dan telah dishare digrup grup yang telah dibuat oleh polindes. Selain itu juga terdapat grup WA khusus ibu hamil dan ibu-ibu yang sudah memiliki balita sebagai sarana penyampaian informasi.

Berita Terkait